Bertumbuh pt.2

By Khata S. Fluorida - April 24, 2022


Selalu menarik melihat perkembangan komunikasiku dari tahun ke tahun. tulisan adalah caraku menilai diriku sendiri, bagaimana aku bertumbuh dengan setiap tulisanku baik di sosial media, blog ataupun di kertas-kertas yang aku tulis dengan pena.

Dari tulisan yang dapat dilihat oleh orang lain aku mengetahui bagaimana caraku berkomunikasi dengan orang lain pada jam, tanggal dan tahun itu. sedangkan dari tulisan yang aku lihat sendiri aku dapat menilai bagaimana cara aku berkomunikasi dengan diriku sendiri.

 yang sangat khas dari tulisan-tulisan ini adalah penggunaan emosi dan egoku. Aku melihat banyak sekali ego tertuang di status-status facebook lamaku, pada tahun awal aku mengenal sosial media yaitu di tahun 2009-2012

Yang aku perhatikan sebagai perubahanku di tahun ini adalah, aku melakukan sangat banyak kesalahan wkwk. Meskipun kesalahan yang aku buat -ternyata- tidak jauh berbeda dengan kesalahan-kesalahanku di masa lalu, perbedaannya ada pada bagaimana aku menanggapi kesalahan tersebut. Dan ini menurutku amat sangat menarik untuk ditelusuri.

Ternyata menarik sekali melihat aku bertumbuh dari kesalahan-kesalahanku sendiri. Dulu kalau membuat suatu kesalahan hal biasa yang kulakukan adalah kabur, menghindar, menyalahkan diri sendiri, dan menghilang selamanya dari peredaran karena merasa tidak pantas.

Semakin dewasa aku rasanya jadi lebih memahami kalau kesalahan itu akan selalu terjadi, dan itu tidak apa-apa. komunikasi verbalku sangat buruk, dan aku hampir pasti membuat kesalahan setiap kali aku berkomunikasi dengan orang lain. Tapi itu tidak apa-apa, asalkan setelah itu aku mengevaluasi kesalahanku dan mencari solusi agar kedepannya kesalahan tersebut bisa kucegah dengan lebih baik.

Tadi pagi aku mengikuti seminar yang berkaitan dengan mengembangkan diri, dimana pembicaranya adalah Sherly Annavita. di dalam seminar itupun dijelaskan untuk menjadi lebih baik aku harus mengevaluasi diri dengan analisis SWOT, Strength, Weakness, Opportunity dan Treat. aku berusaha menggunakan SWOT dalam banyak hal di hidupku, semoga aku dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Aku cuma bisa berusaha dan kemudian pasrah akan kemana aku akhirnya bermuara.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar