Hidup Seperti Tokoh Game

By Khata S. Fluorida - June 14, 2020

Sudah lama sekali sejak terakhir kali aku menulis di blog ini. Banyak hal yang telah terjadi, ternyata aku belum bisa berkomitmen dengan baik untuk menulis di blog ini. Tapi, hari ini aku punya tulisan yang semoga akan mengubah sedikit cara pandang kita tentang kehidupan.
Hidup seperti tokoh game

Aku sudah lama sekali tidak main game, mungkin terakhir kali aku main adalah saat aku kelas 6 SD, dan sekarang aku sudah lulus kuliah. PSBB kemudian membuatku kehabisan kegiatan, apalagi aku tinggal di rumah kakakku yang lingkungannya belum cukup kukenal. Jadi hidupku cukup uring-uringan di awal masa PSBB.

Lalu aku pikir aku butuh suatu kegiatan baru, yang bisa kulakukan agar aku bisa mengeksplorasi. Kakakku punya PS4, dan aku sebenarnya sudah seringkali ditawari untuk memainkan PS4 itu tapi biasanya aku selalu menolak, karena biasanya aku hanya menginap paling lama seminggu, aku tidak ingin memulai sesuatu yang tidak bisa aku selesaikan jadi aku tidak memainkan game itu.

namun di karantina ini, aku menginap di rumah kakaku sudah hampir sebulan, dan aku kira memang karantina ini adalah saat yang tepat untukku mulai memainkan satu game. pilihanku jatuh pada satu game yang berjudul Uncharted 4.

Uncharted adalah game petualangan, dengan tokoh utama bernama Nathan Drake. Nathan adalah seorang Treasure Hunter, yang pekerjaannya berkeliling dunia untuk mencari harta-harta karun yang tidak pernah ditemukan dengan cara ilegal. Namun, dikisahkan di Uncharted 4 kalau Nathan Drake sudah 15 tahun pensiun dan terpaksa masuk kembali ke dunia itu untuk membantu kakaknya yang telah lama hilang.

Selama memainkan game ini aku mendapatkan banyak sudut pandang baru tentang diriku sendiri maupun tentang kehidupanku. Salah satunya adalah aku menyadari kalau hidup kita itu seperti sebuah game.

Di awal, kitaa diberikan tutorial-tutorial yang dapat kita gunakan nantinya. ini seperti pendidikan yang selama ini kita jalani, kelihatan membosankan tapi akan sangat bermanfaat untuk diri kita kelak.

lalu, selayaknya karakter dari game, setiap dari kita punya tujuan penciptaan dan spesialisasi. kita tidak bisa mendapatkan semua hal di dunia ini, jadi cari satu tujuan dari penciptaan tubuh kita. Apakah kita diciptakan untuk mencari seorang guru? treasure hunter? seorang dokter? Tujuan ini akan sangat amat berbeda di setiap orangnya, tidak ada yang sama persis. tujuan ini perlu kita temukan sendiri. ingat, jangan pernah mengikuti tujuan hidup orang lain karena tujuan hidup orang lain itu sudah ada yang punya.

Selanjutnya, setiap game memiliki tantangan-tantangan tertentu yang harus kita selesaikan. begitupula hidup. kita memiliki tantangan-tantangan yang harus kita hadapi. kalau tantangan itu tidak kita selesaikan kita tidak akan bisa membuka level selanjutnya. dalam hidup kita juga harus terus menaikkan kualitas diri kita dengan terus menantang diri kita terhadap hal-hal baru, agar pikiran kita terus berkembang.

Nah, level kita ditentukan oleh seberapa banyak tantangan yaang kita selesaikan. Oleh karena itu, carilah tantanganmu sendiri dan berusaha untuk menyelesaikan tantangan tersebut, agar levelmu bisa naik. kau akan jadi pribadi baru yang lebih baik daripada dirimu yang sebelumnya.

Setelah itu, di dalam game juga terdapat misi prioritas. Mana misi utama, yang mana misi sampingan, dan lain-lain. dalam kehidupan, kita juga harus memilih mana kegiatan prioritas yang akan mendekatkan kita ketujuan dan yang mana yang tidak.

Di dalam gaame juga kita diajak untuk mengeksplorasi tempat. kita berjalan-jalan, mencari sesuatu yang akan memberikan kita bonus, atau menemukan misi-misi random. Dalam hidup juga seharusnya begitu. kita bisa mengeksplorasi daerah kita untuk melebarkan pengetahuan tentang dunia.

Buang barang tidak berguna. Kita menemukan banyak barang di dalam game, tapi tidak semuanya bisa kita gunakan sampai akhir. kadangkala, ada waktunya kita memilih dan membuang barang-barang yang tidak signifikan untuk keberhasilan kita. begitupula dalam hidup, kita tidak bisa membawa semua hal dalam hidup. memang ada beberapa hal yang harus dibuang karena tidak berguna untuk kehidupan.

Ada waktu untuk menggunakan tombol pause. Kadangkala, dalam hidup ada saatnya kita bosan dan perlu waktu menjauh dari rutinitas. Pada saat tersebut, sah-sah saja jika kamu memencet tombol pause dalam hidupmu, berhenti sejenak dan merenungi semuanya. kalau kamu sudah selesai, kamu bisa kembali lagi ke game kehidupanmu sendiri.

Yang terakhir, it's okay to restart the game. Tidak apa-apa jika ternyata kamu ingin mengulang lagi dari awal. Mengulang bukan berarti gagal, itu berarti kamu mengambil langkah mundur untuk berlari lebih cepat, dan itu tidak apa-apa.

Jaddi, itulah yang dapat aku pelajari dari bermain game. Bagaimana denganmu? adakah yang dapat kamu pelajari dari game?

  • Share:

You Might Also Like

0 comments