99% Rencana Akan Gagal

By Khata S. Fluorida - March 16, 2020

99 persen rencana akan gagal

"Abis lulus, kamu mau kerja, nikah, atau S2?"

Pernah ga, kamu mendengar kata seperti diatas? orang-orang pasti akan selalu menanyakan perkara rencana. atau, pasti kamu pernah mendengar kalimat

"If you fail to plan, you plan to fail"

Sebenarnya, dimana seharusnya kita meletakkan rencana?

Bagiku, rencana itu memang harus dibuat. Tapi don't take it too seriously. I mean, when it becomes real, ya sukur, tapi kalau tidak ya tidak apa-apa. Sampai di umur ini, aku sudah banyak sekali mengalami kegagalan rencana. Bahkan aku bisa bilang kalau 99% hal yang aku rencanakan selalu gagal karena berbagai hal. Dan itu wajar. Tapi kita memang tetap harus membuat rencana paling realistis yang kita bisa, agar kita punya gambaran untuk langkah kedepannya.

Sebagai bukti kalau rencana kerap kali gagal, kalian bisa lihat dokumen rencana kebijakan apapun di Indonesia, pada umumnya apa yang direncanakan tidak sesuai dengan pelaksanaan di lapangan. Tapi bukan berarti perencanaan itu sepenuhnya gagal. Hal yang bisa didapatkan kalau membuat rencana adalah kita memiliki dokumen tertulis tentang target awalnya sehingga kita bisa selalu mengingatkan diri tentang tujuan dari kegiatan yang sedang dieksekusi. Selanjutnya, apabila kegiatan tersebut telah selesai, kita bisa membuat evaluasi-evaluasi mengenai hal-hal yang telah dilakukan, mana yang tidak sesuai dengan rencana, mana yang harus diperbaiki, sifat atau kondisi apa yang membuat rencana tersebut kemudian gagal, dan lain-lain. Hal itu kemudian membuat kita bisa belajar dari kesalahan tersebut.

Dari hal diatas, aku jadi menyimpulkan kalau membuat rencana itu seperti main game, aku terpacu untuk mewujudkannya tapi kalau kalah aku tidak akan sebegitu sedih karena ya aku tahu kalau itu cuma permainan.

Paling baiknya, kalau lain kali ingin membuat rencana, buatlah rencana berlapis. Rencana A, yaitu rencana yang paling tinggi yang sangat mustahil kau wujudkan. Rencana B, yaitu rencana paling realistis yang bisa kamu capai saat ini. Rencana C, rencana jika hal yang paling tidak kau inginkan terjadi. Selanjutnya, tinggal serahkan kepada yang diatas.

...Atau bahasa agamanya, kita boleh berencana, tapi akhirnyaAllah yang menentukan

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. sebagai bentuk usaha kita sebagai manusia, ya memang berencana. selanjutnya tinggal diserahkan ke Allah. kalau diizinkan sesuai rencana, alhamdulillah. kalau nggak sesuai... ini yang kadang berat hehehe.

    semoga kita selalu husnudzhon kepada ketetapan-Nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaap bener banget, kita bisa berencana, akhirnya Tuhan lagi yang menentukan..

      Delete