Cara Mengubah Hidup di 2020

By Khata S. Fluorida - December 29, 2019

Tahun 2020 semakin dekat, sudahkah kalian menyiapkan diri? Sebenarnya kita bisa berubah kapan saja. Tidak harus menunggu tanggal 1 untuk mulai berubah. Bahkan, akan lebih baik jika kalian berubah secepat saat kalian sadar bahwa kalian harus berubah. Jangan ditunda, lakukan saja. Hanya biasanya suasana tahun baru akan membuat kita jadi lebih bersemangat serta juga memudahkan kita dalam melacak perubahan-perubahan kita di setiap tahunnya daripada ketika kita memulai di sembarang hari. Berikut ini aku mencantumkan beberapa tips untuk berubah di tahun 2020 ini, harapannya kalian dapat berubah, tentu saja lebih baik dari sebelumnya.

Niatkan diri untuk berubah
Tidak dapat dipungkiri, ini adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin mengubah diri. bagaimana bisa berubah jika tidak ada niat untuk berubah? Niat adalah 50% dari usaha itu sendiri. Jadi, mulailah untuk meniatkan dirimu bersungguh-sungguh untuk berubah.

Lepaskan segala perasaan dan hal-hal yang mengganggumu di tahun 2019
Kecewa pada diri sendiri? Marah pada seseorang? Merasa ada masalah yg belum terselesaikan? Segera selesaikan semua hal itu. Berdamai pada diri sendiri. Bila sedang marah atau dendam pada seseorang, lepaskanlah. Lepaskanlah emosi apapun yang dapat mengganggumu untuk berubah di tahun 2020. Ini bukan sesi terapi. Seriously, kamu harus melepaskan semua emosi yang tidak perlu, karena pada dasarnya kapasitas otak kita terbatas. jadi, kita tidak dapat memerdulikan banyak hal. Kalau kamu masih menyimpan rasa kecewa, marah, emosi apapun itu, dia akan memakan banyak tempat di otak yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk haal yang lebih baik. jadi, jika kamu benar-benar ingin berubah, lepaskanlah semua itu. ikhlaskan, maafkan, lupakan. tinggalkan hal-hal buruk yang pernah kamu lakukan sebelumnya. ikhlaskan kalau kamu pernah berbuat salah. setelah dirimu merasa lega, barulah kamu bisa mulai ke tahap selanjutnya.


bayangkan perubahannya, pura-pura kamu sudah mencapainya.
Ada sebuah ungkapan yang berbunyi "Fake it until you make it". itu tidak bercanda. sebuah penelitian menyebutkan bahwa jika kamu terus-menerus meyakinkan dirimu kalau kau adalah sesuatu, kau akan menjadi sesuatu itu.


Putuskan tema perubahan di tahun ini 
Multitasking hanyalah mitos. begitu pula fokus pada berbagai hal sekaligus, itu adalah hal yang sangat sulit untuk dicapai. ketika kamu ingin mengubah dirimu, fokuskan ke satu hal yang paling dasar dan penting terlebih dahulu. tidak mesti yang besar tapi seharusnya cukup untuk merekonstruksi ulang seluruh hidupmu. Fokus pada akar permasalahannya sebagai titik awal. sebagai contoh, aku merasa kepercayaan diriku sangat rendah. lalu aku menuliskan apa-apa saja faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kepercayaan diriku. lalu aku mencoret hal-hal yang tidak bisa kuubah, dan hal yang dapat kuubah. lalu aku memilih mana masalah paling mendasar yang menyebabkan kepercayaan diriku paling turun. lalu akhirnya aku menemukan jawabannya : penampilanku tidak membuatku nyaman dan tidak membuatku senang, jadi aku merasa rendah diri. berarti itu masalah yang setahun ini akan menjadi fokusku. bagaimana menemukan pakaian paling baik, enak dilihat tetapi juga nyaman untukku agar aku bisa lebih percaya diri.

Mulai dari hal-hal kecil dan dasar

setelah menemukan temanya, tulislah hal-hal kecil yang membuatmu terganggu mengenai hal tersebut. sebagai contoh,aku merasa sangat terganggu dengan posturku, maka aku menuliskan langkah-langkah yang harus kulakukan untuk memperbaiki postur tubuh. postur tubuh yang bagus adalah salah satu checklist yang harus diselesaikan tahun ini. selain itu,mungkin kau ingin bergaya dengan lebih baik, maka tulislah hal-hal yang perlu kau pelajari. mungkin kau perlu mempelajari padu-padan warna untuk pakaian, bereksperimenlah dengan banyak pakaian yang belum pernah kamu coba sampai kemudian menemukan yang paling pas dan nyaman di tubuhmu. Ingat, goalsnya bukan hanya terlihat menarik, tetapi juga membuat kamu nyaman. ketika kamu nyaman dengan apa yang akan kamu kenakan,otomatis kamu akan merasa lebih percaya diri. Sebagai inspirasi kamu dapat membaca artikel di blog ini yang berjudul Cara Menjadi Produktif

Catat kemajuan dan kemunduranmu dalam sebuah buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana
Menulis kemajuan serta kemunduranmu dalam sebuah buku membuatmu bisa mengevaluasi apa yang salah dan apa yang harus dipertahankan. kalau itu semua cuma ada di pikiranmu, makaitu sangat berpotensi untuk hilang di kemudian hari.tapi,kalau kamu menulisnya, itu dapat membuatmu berpikir ulang sekaligus dapat menjadi arsip apabila suatu saat kau lupa akan langkahmu itu dan ingin mengulanginya lagi.ingat, tuliskan dengan detail hal-hal apa saja yang kau ubah,kau rasakan dan kau pikirkan ketika melakukan hal tersebut.

Lakukan secara konsisten

Hal yang paling mudah sekaligus sulit untuk dilakukan. Mungkin satu dua hari kita masih akan semangat, tapi itu sangat berbedaketika kita melakukannya selama 30 hari, akan muncul rasa bosan dengan hal itu. Disinilah,kekuatan tekad diperlukan. Tetaplah konsisten pada hal-hal ini. Lawan rasa malas dan bosanmu. maka, 2020 akan jadi tahun yang paling mengubah hidupmu.

selamat memulai petualangan.

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Suka banget sama penempatan niat di awal. Semua perbuatan dilihat dari niatnya. Semangat untuk memperbaiki diri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, semuanya berawal dari niat dan dinilai dari niatnya pula. semangat juga, semoga kita bisa jadi pribadi yang lebih baik di 2020 :)

      Delete